5 Contoh Recount Text Tentang Pengalaman Yang Tak Terlupakan

Contoh recount text bisa kita buat berdasarkan sebuah pengalaman yang tak terlupakan dalam hidup kita. Karena sebuah recount text merupakan jenis teks yang isinya bersifat mengingat kembali atau menceritakan ulang rentetan kejadian yang saling berkaitan yang terjadi di masa lalu. Dengan pemahaman tersebut, maka dalam tulisan kali ini, kakak ingin mencoba menyajikan 5 buah contoh recount text tentang pengalaman yang tak terlupakan yang kakak ambil dari beberapa pengalaman pribadi kakak dan juga beberapa cerita tentang pengalaman berkesan yang pernah kakak dengar dari orang-orang terdekat seperti keluarga, teman dan juga rekan kerja.

Contoh recount text singkat yang ada dalam tulisan kali ini semuanya berkaitan dengan satu tema yang sama yaitu "Unforgettable Experience" atau dalam Bahasa Indonesia nya sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Hal ini bukan berarti setiap Recount Text harus mengangkat tema tersebut ya. Banyak sekali tema lainnya yang bisa kita jadikan inti cerita dalam sebuah recount text Bahasa Inggris, misalnya saja seperti pengalaman buruk, atau cerita tentang liburan yang pernah kita alami. Jika saat ini adik-adik dan sobat sama sekali masih belum ada bayangan di pikiran seperti apa recount text itu dan mengapa beberapa tema yang kakak sebutkan barusan bisa dikemas dalam bentuk recount text, itu tidak masalah dan kamu tidak perlu khawatir. Namun, kakak sangat menyarankan kamu memulai mempelajarinya dari Pengertian Recount Text terlebih dahulu, baru kemudian kamu lanjutkan ke contoh yang telah kakak sediakan. Oke siip ya semuanya, selamat belajar. - KakDikta.blogspot.co.id

Recount Text Bahasa Inggris Tentang Pengalaman Yang Tak Terlupakan
Google Image - 5 Contoh Recount Text Tentang Pengalaman Yang Tak Terlupakan

Contoh Recount Text Tentang Pengalaman Tak Terlupakan

Di bawah ini sudah kakak siapkan beberapa contoh recount text singkat yang bisa kamu jadikan panduan jika kamu ingin membuat karangan dalam bentuk teks recount. Sebelum masuk kedalam kumpulan contoh tersebut, kakak ingin mengulas sedikit saja materi recount text ini untuk memastikan bahwa kita memiliki pemahaman yang sama di awal. Perlu kita ingat bahwa sebuah recount text akan menceritakan ulang sebuah kejadian di masa lalu beserta hal-hal yang terjadi di dalamnya. Yang kakak maksudkan di sini adalah, saat kita ingin membahas tentang pengalaman ikut lomba menyanyi yang tak terlupakan bagi kita misalnya, maka kita perlu menyampaikan hal-hal apa saja yang berhubungan dengan kejadian lomba nyanyi tersebut sehingga itu menjadi suatu hal yang tak terlupakan bagi kita. Ingat! Kita harus fokus pada satu kejadian saja.

Baca Juga: Generic Structure, Language Features Dan Jenis Recount Text

Contoh Recount Text 1

The Day I Lost Half Of My Little Toe
When I was in Elementary School, I went to the city with my father to check the construction progress of our new house. The location is two hours away from our house in the village. We went there by motorcycle. It was just the two of us, so my father sat on the front and I sat on the back.
We left the village at 10 a.m in the morning after having a breakfast with our family. It is my habit to be sleepy when I am full. Within the first ten minutes of our trip, I already yawn so many times. My father slap my hand and remind me to not fall asleep on the road. I tried to do as he said but I just couldn't bear it anymore, so I hug my dad and I slept. A couple minutes later, I woke up because I felt like my right leg was being dragged down and it hurt. I scream and my father stop the motorcycle instantly. It turned out that my foot was stuck in the motorcycle rim. Blood was everywhere. My father tried to pull my leg slowly out of the rim. After two minutes of effort, we finally made it to pull my leg out. My father took me to the nearest doctor right away.
The doctor remove my sandal and clean the wound. He then examined the wound and gave it some medicine after that he cover the wound by using bandage. When it is done, he told me and my father that the one that got injured was my little toe and because of the accident, my little toe was cut in half so it may not grow nail anymore. The doctor also said that I got lucky because the sandal that I wore that day was very thick so it stops the rim from cutting more of my foot. After that we said thanks to the doctor and we went back to our village.

Terjemahan Contoh Recount Text 1

Hari Dimana Saya Kehilangan Setengah Dari Jari Kelingking Kaki Saya
Saat saya masih di Sekolah Dasar, saya pergi ke kota dengan ayah saya untuk memeriksa perkembangan pembangunan rumah baru kami. Lokasi nya berjarak dua jam dari rumah kami di desa. kami pergi kesana dengan menggunakan motor. Hanya ada kami berdua, jadi ayah saya duduk di depan dan saya duduk di belakang.
Kami berangkat dari desa pada jam 10 di pagi hari setelah sarapan bersama keluarga. Merupakan kebiasaan saya mengantuk ketika saya kenyang. Dalam sepuluh menit awal perjalanan kami, saya sudah menguap berkali-kali. Ayah saya memukul tangan saya dan mengingatkan saya untuk tidak tidur di jalan. Saya mencoba melakukan seperti yang ayah saya katakan, namun saya sudah tidak sanggup lagi menahannya jadi saya memeluk ayah saya dan tidur. Beberapa menit kemudian saya terbangun karena saya merasa seperti kaki kanan saya sedang ditarik kebawah dan itu terasa sakit. Saya menjerit dan ayah saya menghentikan motor dengan segera. Ternyata kaki saya tersangkut di pelek motor. Darah dimana-mana. Ayah saya mencoba menarik kaki saya secara perlahan keluar dari pelek itu. Setelah dua menit mencoba, kami akhirnya berhasil mengeluarkan kaki saya. Ayah saya membawa saya segera ke dokter terdekat.
Dokter itu melepaskan sendal saya dan membersihkan luka itu. Dia kemudian memeriksa luka itu dan memberinya beberapa obat, setelah itu dia menutup luka itu dengan perban. Saat sudah selesai, dia mengatakan pada saya dan ayah saya bahwa yang terluka adalah jari kelingking kaki saya dan karena kecelakaan itu, jari kelingking kaki saya terpotong setengah jadi itu tidak akan menumbuhkan kuku lagi. Dokter itu juga menyatakan bahwa saya beruntung karena sendal yang saya pakai hari itu sangat tebal jadi itu menghentikan pelek itu memotong lebih banyak lagi dari kaki saya. Setelah itu kami mengucapkan terimakasih pada dokter itu dan kamu kembali ke desa.

Contoh Recount Text 2

No More Messing Around With Bees
I start to learn how to recite Al-Qur'an when I was five years old. My teacher's house was two block away from my house, so whenever I wanted to go there I have to use bicycle. There were so many kids studying with me at that moment and when the class was over, sometimes we played together before we headed back to our house.
One day when the class was over I went to a park with some of my friends. We were just cycling around the park when suddenly I fell from my bicycle. My body was thrown to a bush. When I tried to get up I saw a small beehive hanging on the bush. I thought it was empty because it was so small and there is no bee flying around it. The shape is interesting for me so I decided to touch it, but unfortunately the hive fell down and broke. Within seconds, a swarm of bees showed up and flew toward me. I panicked and tried to run, but the bees were faster. One of them flew straight to my nose and hit my nose with its sting right in the center of it. It hurt so much that my tears dropped continuously. My nose turned red. My friends tried to help me by swinging their hands toward the bees. After a while, the bees left us.
We decided to go home after that. On the way home, my friend told me that my nose was swollen and red. They also said that it was pointed. When I arrived at home, I showed my nose to my mother and tell her the story. My mother smiled at me and said that it was okay and it was not dangerous. She also said that it was a natural immunization. Ever since that day, I promise to myself that I will never mess around with bees anymore.

Terjemahan Contoh Recount Text 2

Tidak Akan Lagi Main-Main Dengan Lebah
Saya mulai belajar cara membaca Al-Qur'an ketika saya berusia lima tahun. Rumah guru saya berjarak dua komplek dari rumah saya, jadi kapanpun saya ingin pergi kesana saya harus menggunakan sepeda. Ada banyak anak-anak belajar bersama saya pada waktu itu dan ketika kelas nya telah selesai, sekali-sekali kami bermain bersama sebelum kami kembali ke rumah.
Suatu hari ketika kelas nya telah berakhir saya pergi ke taman dengan beberapa teman saya. Kami sedang bersepeda di seputar taman ketika saya tiba-tiba jatuh dari sepeda saya. Tubuh saya terlempar ke semak-semak. Ketika saya mencoba berdiri saya melihat sebuah sarang lebah yang berukuran kecil menggantung di semak-semak itu. Saya pikir itu sarang yang kosong karena itu sangat kecil dan tidak ada lebah yang terbang di sekitarnya. Bentuknya menarik bagi saya jadi saya memutuskan untuk menyentuhnya, namun sayangnya sarang itu jatuh dan rusak. Dalam beberapa detik, sekumpulan lebah muncul dan terbang ke arah saya. Saya panik dan mencoba untuk lari, namun lebah itu lebih cepat dari saya. Salah satu dari mereka terbang lurus kearah hidung saya dan menyerang hidung saya dengan sengatnya tepat di bagian tengah. Itu terasa sangat sakit sekali sehingga air mata saya menetes secara terus menerus. Hidung saya berubah warna menjadi merah. Teman-teman saya mencoba membantu saya dengan cara mengayunkan tangan mereka ke arah lebah itu. Setelah beberapa saat, lebah-lebah itu oergi meninggalkan kami.
Kami memutuskan untuk pulang ke rumah setelah itu. Di perjalanan pulang, teman saya mengatakan pada saya bahwa hidung saya membengkak dan berwarna merah. Mereka juga bilang bahwa itu mancung. Ketika saya sampai di rumah, saya menunjukkan hidung saya kepada ibu saya dan menceritakan kejadian itu kepadanya. Ibu saya tersenyum pada saya dan bilang bahwa itu tidak mengapa dan itu tidaklah berbahaya. Dia juga mengatakan bahwa itu merupakan imunisasi alami. Sejak hari itu, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan bermain-main dengan lebah lagi.
Baca Juga: 5 Contoh Recount Text Pendek Beserta Artinya Tentang Liburan

Contoh Recount Text 3

Monkey Rage
When I was in Elementary School, I played at my friend's house every day when the school was over. His house is close to my school and there is a thick forest at the backyard. We used to wander at the backyard until my parents pick me up.
One day, when we were at his backyard, we decided to climb a guava tree because we saw so many guava were hanging on the tree. We helped each other to climb it since our body were still so small. First, I lifted my friend on my shoulder and when he was already on the tree, he helped me to climb by holding my hands. After that we sat on the tree branch and started plucking the guava. We were just eating the guava when suddenly I saw a monkey at the jungle walking on the land between the trees.
The monkey was looking at us, so I thought that I can throw a guava to it. I choose the small one and I throw it toward the monkey. The monkey did not take it but turned back into the jungle instead. For a moment, I thought it was gone, but it turned out that I was wrong. The monkey returned with its group and they line up like an army. There were around twenty-five monkeys at that moment and they start making noises as if they were angry. We were so afraid that we decided to climb down the tree. We were just about to do so when I saw the monkeys started running toward us. We both scream and jumped off of the tree and then we ran to my friend's house. We locked the door and the window because we were afraid that the monkeys will try to enter the house. After a while, we decided to take a peek at the monkeys through the window and we saw all of them were sitting on the tree enjoying the guava.

Terjemahan Contoh Recount Text 3

Kemarahan Monyet
Saat saya masih di Sekolah Dasar, saya bermain di rumah teman saya setiap hari ketika sekolah telah selesai. Rumahnya itu dekat dengan sekolahan saya dan ada hutan yang lebat di halaman belakang rumahnya. Kami biasa mengeluyur di halaman belakang rumahnya hingga orang tua saya menjemput saya.
Suatu hari, ketika kami sedang berada di halaman belakang rumahnya, kami memutuskan untuk memanjat sebuah pohon jambu biji karena kami melihat begitu banyak buah jambu biji bergantungan di pohon itu. Kami saling membantu satu sama lain untuk memanjat pohon itu karena tubuh kami masih sangat kecil. Awalnya, saya mengangkat teman saya di bahu saya dan ketika dia sudah berada di atas pohon, dia membantu saya untuk memanjat dengan cara memegang tangan saya. Setelah itu kami duduk di dahan pohon itu dan mulai memetik jambu biji. Kami sedang makan jambu biji ketika tiba-tiba saya melihat seekor monyet di hutan sedang berjalan di atas tanah diantara pepohonan.
Monyet itu sedang melihat kearah kami, jadi saya pikir bahwa saya bisa melemparkan sebuah jambu kepadanya. Saya memilih sebuah jambu yang berukuran kecil dan saya melemparkannya kearah monyet itu. Monyet itu tidak mengambilnya namun malahan berputar arah kedalam hutan. Untuk beberapa saat, saya pikir monyet itu telah pergi, namun ternyata saya salah. Monyet itu kembali bersama kelompoknya dan mereka berbaris layaknya sebuah pasukan. Ada sekitar dua puluh lima ekor monyet pada saat itu dan mereka mulai membuat keributan seolah-olah mereka sedang marah. Kami sangat takut hingga kami memutuskan untuk turun dari pohon itu. Kami baru saja mau melakukannya ketika saya melihat monyet-monyet itu mulai berlari kearah kami. Kami berdua berteriak dan melompat dari pohon itu dan kemudian berlari ke rumah teman saya. Kami mengunci pintu dan jendela karena kami takut bahwa monyet itu akan mencoba untuk memasuki rumah. Setelah beberapa saat, kami memutuskan untuk mengintip monyet-monyet itu melalui jendela dan kami melihat mereka semua sedang duduk di atas pohon menikmati jambu biji.

Contoh Recount Text 4

AoV Regional Champion
Last year I join a regional championship of AoV (Arena of Valor) with my team The League of Assassins. It is an android-based online game that can be played in multiplayer mode with ten players in the same time. After we registered ourselves online, we have to wait for a week until the competition was started.
The competition was held in a big shopping mall in my town. There are around 100 contestant attended the event. The committee welcomed the participant by performing some dance and also introducing some new gaming gear of the event sponsor. After that the committee showed the game chart to all players. We could see the name of our team along with our opponent for the first stage on the screen. It turned out that we have to face a famous team known as The League of Legend on our first match.
We have an hour preparation time at that moment because we are on the second match. We decided to use it to go to a cafetaria because we were so hungry. Five minutes before our match begin, we came back to the area. I chose "Batman" as my hero during this first match. The duel took 46 minutes and we won the game. It mean that we stepped to the next level. After that we won several match until we reach the final stage where we have to face the previous champion The Red Dragon team. We didn't expect to win at that moment because we know that our opponent are really good. This time, I chose "Zephys" as my hero because this character is my favorite of all available heroes in AoV. Luckily, we won the game too and we became the regional champion that year.

Terjemahan Contoh Recount Text 4

Juara AoV Tingkat Daerah
Tahun yang lalu saya mengikuti kejuaraan AoV (Arena of Valor) tingkat daerah bersama tim saya The League of Assassins. Itu merupakan sebuah game android online yang bisa dimainkan dalam mode multiplayer dengan sepuluh pemain diwaktu yang bersamaan. Setelah kami mendaftarkan diri kami secara online, kami harus menunggu selama satu minggu hingga pertandingan itu dimulai.
Pertandingan itu diadakan di sebuah mall yang besar di kota saya. Terdapat sekitar 100 peserta yang menghadiri acara tersebut. Panitia menyambut para peserta dengan mempertunjukkan beberapa tarian dan juga memperkenalkan beberapa perlengkapan bermain game dari sponsor acara. Setelah itu panitia menunjukkan bagan pertandingan kepada semua pemain. Kita bisa melihat nama tim kita beserta nama tim lawan kita untuk tahap yang pertama di layar. Ternyata kami harus melawan sebuah tim yang terkenal dengan sebutan The League of Legend pada pertandingan pertama kami.
Kami memiliki satu jam waktu persiapan pada saat itu karena kami berada pada pertandingan kedua. Kami memutuskan untuk menggunakan waktu itu untuk pergi ke restoran karena kami sangat lapar. Lima menit sebelum pertandingan kami mulai, kami kembali ke arena. Saya memilih "Batman" sebagai hero saya dalam pertandingan pertama ini. Pertandingan itu memakan waktu 46 menit dan kami memenangkan permainan itu. Ini berarti bahwa kami melangkah ke tahap selanjutnya. Setelah itu kami memenangkan beberapa pertandingan hingga kami mencapai tahap final dimana kami harus menghadapi juara sebelumnya yaitu tim The Red Dragon. Kami tidak berharap untuk menang pada saat itu karena kami tau lawan kami sangat bagus. Saat itu saya memilih "Zephys" sebagai hero saya karena karakter ini merupakan favorit saya dari semua hero yang tersedia di AoV. Sungguh beruntung, kami memenangkan pertandingan itu juga dan kami menjadi juara daerah tahun itu.
Baca Juga: 5 Contoh Recount Text Tentang Pengalaman Pribadi Dan Artinya

Contoh Recount Text 5

Beating The Claw Crane
One of my unforgettable experience was when I beat the claw crane or claw machine in an arcade center in my town. It happened when I was seven years old. I managed to get three animal dolls from the claw machine. I was very happy and proud of myself at that time.
It was school holiday. My parents took me and my sister to a shopping mall in my town. We arrived at the mall at 11 a.m in the morning. The first thing that we did when we arrived at the mall was accompanying my mother to go shopping. She bought our daily need such as toothpaste, soap, detergent, vegetables, fruits, chicken meat and many more. After that we went to KFC to have lunch at 12.30 p.m.
When we were in KFC, I told my mother that I want to go to an arcade center so much. She gave me the permission. So when we have finished our lunch, we went to the third floor where the arcade center was located. My mother bought me five coins to play in the arcade center. I walked around the place with my sister trying to find an interesting game to play. After a couple of minutes, we decided to try the claw crane because there were so many animal dolls inside the machine and we thought that it was going to be easy to get some of them. I insert one coin to the machine and give it a try. I moved the claw to a lion doll and then I pressed the "Grab" button. The claw grab the doll and start to lift it and brought it to the drop zone. Just before it reached the drop zone, the claw lose its grip and let the doll fall. After that I decided to try it one more time but I failed for the second time. I was about to leave the claw machine when my sister decided to give it one more chance. My sister moved the claw slowly and she succesfully brought a doll into the drop zone and we got our first doll. When I saw it I decided to try it too and for the second time we made it. So at this moment we already got two dolls and we still have one coin with us. We decided to give it one last try and we won again. So we got three dolls in total.

Terjemahan Contoh Recount Text 5

Mengalahkan Mesin Capit
Salah satu pengalaman saya yang tak terlupakan adalah ketika saya mengalahkan mesin claw crane atau mesin capit di suatu pusat permainan di kota saya. Itu terjadi ketika saya berusia tujuh tahun. Saya berhasil mendapatkan tiga boneka hewan dari mesin capit itu. Saya sangat senang dan bangga dengan diri saya pada saat itu.
Saat itu merupakan hari libur sekolah. Orang tua saya membawa saya dan kakak saya ke sebuah pusat perbelanjaan di kota saya. Kami sampai di mall tersebut pada pukul 11 pagi. Hal pertama yang kami lakukan ketika kami sampai di mall tersebut adalah menemani ibu saya pergi berbelanja. Ibu saya membeli kebutuhan sehari-hari kami seperti pasta gigi, sabun, detergent, sayuran, buah-buahan, daging ayam dan banyak lagi. Setelah itu, kami pergi ke KFC untuk makan siang pada pukul 12.30.
Ketika kami di KFC, saya mengatakan pada ibu saya bahwa saya sangat ingin pergi ke pusat permainan. Dia pun memberikan ijinnya. Jadi saat kami telah selesai makan siang, kami pergi ke lantai tiga dimana pusat permainan itu berada. Ibu saya membelikan saya lima koin untuk bermain di pusat permainan itu. Saya berjalan mengelilingi tempat itu bersama kakak saya mencoba mencari permainan yang menarik untuk dimainkan. Setelah beberapa menit, kami memutuskan untuk mencoba mesin claw crane karena ada banyak boneka hewan di dalam mesin itu dan kami pikir bahwa akan mudah untuk mendapatkan beberapa dari mereka. Saya memasukkan sebuah koin ke dalam mesin tersebut dan mencobanya. Saya menggerakkan capit itu ke sebuah boneka singa dan kemudian saya menekan tombol "Tangkap". Capit itu menggengggam boneka itu dan mulai mengangkatnya dan membawanya ke zona pelepasan. Tepat sebelum itu mencapai zona pelepasan, capit itu kehilangan genggamannya dan membuat boneka itu jatuh. Setelah itu saya memutuskan untuk mencobanya sekali lagi namun saya gagal untuk kedua kali nya. Saya baru saja akan meninggalkan mesin capit itu ketika kakak saya memutuskan untuk mencobanya sekali lagi. Kakak saya menggerakkan capit itu secara perlahan dan dia berhasil membawa sebuah boneka ke zona pelepasan dan kami mendapatkan boneka pertama kami. Ketika saya melihat itu saya memutuskan untuk mencobanya juga dan untuk kedua kalinya kami berhasil. Jadi pada saat itu kami sudah mendapatkan dua boneka dan kami masih memiliki satu koin. Kami memutuskan untuk mencobanya satu kali lagi dan kami menang lagi. Jadi kami mendapatkan tiga boneka.
Baca Juga: Contoh Personal Recount Text Terbaru Beserta Artinya

Itulah tadi 5 contoh recount text tentang pengalaman yang tak terlupakan, kakak harap apa yang kakak sajikan kali ini bisa bermanfaat bagi adik-adik dan sobat pengunjung semua. Mohon maap atas kesalahan dan kekurangan dalam tulisan kali ini, mudah-mudahan artikel yang panjang ini tidak membosankan bagi sobat untuk membaca nya sampai akhir. Terimakasih banyak untuk kunjungannya, jangan lupa baca juga Contoh Descriptive Text Pendek Tentang Wayang Dan Artinya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »