Contoh Descriptive Text Pendek Tentang Wayang Dan Artinya

Hai semua, siang ini kakak sudah menyiapkan sebuah contoh descriptive text pendek tentang Wayang khusus buat kamu. Meski jaman sekarang pertunjukan Wayang sudah jarang ditemukan, namun sebagai anak Indonesia, kita pasti tau bahwa kesenian yang satu ini merupakan salah satu kekayaan negara kita yang perlu kita lestarikan. Nah, berhubung kakak bukan seorang dalang, maka salah satu cara yang bisa kakak lakukan untuk ikut serta mempertahankan tradisi kesenian Wayang ini adalah dengan membuat tulisan tentang hal itu. Mudah-mudahan contoh descriptive text pendek kali ini bisa menjadi salah satu jalan agar kita generasi masa depan Indonesia selalu ingat akan kekayaan yang kita miliki sehingga kita akan selalu bersyukur.

Tulisan kakak kali ini akan semakin melengkapi 15 Contoh Descriptive Text Tentang Berbagai Benda Kesayangan yang selama ini mungkin sudah sempat sobat baca beberapa kali. Jika sobat mengunjungi kumpulan teks deskriptif tersebut sekarang, maka kamu akan tau bahwa jumlah contoh yang tersedia di sana sudah bukan 15 lagi, namun sudah semakin bertambah banyak. Kakak harap dengan semangat kakak untuk menyediakan sumber bacaan bagi sobat pengunjung semua akan memicu semangat sobat semua untuk belajar Bahasa Inggris ya. Sekarang, ayo langsung baca hingga selesai contoh descriptive text singkat berikut ini. - KakDikta.blogspot.co.id

Descriptive Text Bahasa Inggris Tentang Wayang Dan Artinya
Google Image - Contoh Descriptive Text Pendek Tentang Wayang Dan Artinya

Contoh Descriptive Text Tentang Wayang (Puppet)

Wayang, sejauh yang kakak tau ada dua jenis yaitu Wayang Kulit dan Wayang Golek. Meskipun ada satu istilah lagi yang juga terkenal yaitu Wayang Orang, namun menurut kakak itu bukan jenis wayang. Soalnya yang kakak maksudkan dengan wayang di sini adalah yang berupa benda mati yang bisa dijadikan pajangan maupun dikoleksi. Sedangkan yang akan dibahas dalam contoh descriptive text pendek kali ini adalah Wayang Kulit, lebih spesifiknya lagi, kakak akan mencoba untuk mendeskripsikan karakter atau tokoh Wayang Semar. Kakak yakin adik-adik dan sobat sudah tidak asing ya dengan nama ini. Nah kalau begitu, ayo kita simak selengkapnya di bawah ini.

Semar Puppet
Semar puppet is one of prominent character in Javanese culture of leather puppets. The character is described as the human form of a god named Sang Hyang Ismaya with divine, wise and funny nature. The character of Semar is also considered to be the most sacred figure among other character of Javanese leather puppets.
The puppet is made of water buffalo leather. The size is around 50 to 60 cm. The puppet is divided into three parts. They are the body and the two hands. The body is not designed to be movable so it is fixed. The hands are divided into three sections, each of them is connected to each other by using hinges making it posibble for us to move it freely. There are three controller sticks glued to the puppet. The first one is glued to the body and the other two are glued to the hands for controlling the movement.
The dominant color of Semar puppet is black. The body, the hands, the legs and the hair are all black. The face is painted in white and the lips are red. The character wears white batik to cover half of his body starting from his belly to his legs. The character appears as an old man with flat nose, a protruding lower jaw, bulging belly, tired eye and short legs.

Terjemahan Contoh Descriptive Text Tentang Wayang

Wayang Semar
Wayang Semar adalah salah satu tokoh penting dalam budaya wayang kulit Jawa. Karakter tersebut dideskripsikan sebagai bentuk manusia dari dewa yang bernama Sang Hyang Ismaya dengan sifat yang luhur, bijak dan lucu. Karakter Semar juga dianggap sebagai tokoh yang paling keramat diantara karakter wayang kulit Jawa yang lain.
Wayang itu terbuat dari kulit kerbau. Ukurannya sekitar 50 hingga 60 cm. Wayang itu dibagi menjadi tiga bagian. Bagian tersebut adalah tubuh dan kedua tangannya. Tubuh wayang itu tidak didesain untuk bisa digerakkan jadi itu bersifat kaku. Bagian tangannya dibagi menjadi tiga bagian, masing-masing dari bagian tersebut dihubungkan antara satu dengan yang lainnya dengan menggunakan engsel membatnya mungkin bagi kita untuk menggerakkannya secara bebas. Terdapat tiga tongkat pengendali pada wayang tersebut. Yang pertama ditempelkan pada badannya dan dua yang lainnya ditempelkan pada tangan untuk mengendalikan pergerakan.
Warna dominan dari wayang Semar adalah hitam. Tubuh, tangan, kaki dan rambut nya semua hitam. Wajahnya diwarnai putih dan bibirnya merah. karakter itu memakai batik putih untuk menutupi setengah tubuhnya mulai dari perutnya hingga kaki nya. Karakter itu digambarkan sebagai pria tua dengan hidung pesek, rahang bawah yang menonjol keluar, perut yang membengkak, mata yang lelah dan kaki yang pendek.

Nah, selesai sudah contoh descriptive text pendek tentang Wayang kali ini, semoga bisa dipahami dengan mudah ya. Terimakasih banyak untuk waktu yang adik-adik luangkan untuk membaca tulisan kakak ini, mudah-mudahan bermanfaat bagimu. Sampai ketemu lagi, dan jangan lupa baca juga Contoh Descriptive Text Singkat Tentang Kacamata Dan Artinya.

Referensi:
  1. Semar - https://en.wikipedia.org/wiki/Semar - Diakses tanggal 26 Januari 2018

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »